KATEGORI SISWA DISEKOLAH



Sudah hampir 8 tahun saya menjadi seorang guru disekolah. Tiap hari mengamati siswa mulai dari siswa masuk sekolah, ketika didalam sekolah sampai siswa tersebut berada diluar sekolah. Tentunya sebagai guru ada perasaan campur aduk, ada rasa bangga, ada rasa sedih tetapi tetap harus dijaga semangat untuk ikhlas mengajar. Dinamika sekolah mulai dari siswa kita sampai dengan teman sejawat disekolah menjadikan pelajaran bagi saya untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dikemudian hari.


Ada satu hal yang ingin saya tulis disini, ini hanya pemikiran sederhana saya ketika seorang diri merenung di sela-sela waktu lenggang. Berkaitan dengan siswa, setelah saya cermati siswa yang datang ke sekolah itu saya kategorikan menjadi tiga. 1) Orang yang tidak punya pekerjaan, 2) Orang yang punya tujuan, dan 3) Orang yang cerdas. Untuk lebih jelasnya saya bisa uraikan  sebagai    berikut :

1. Orang yang tidak punya pekerjaan

Kenapa siswa disebut orang yang tidak punya pekerjaan. dalam pemikiran saya siswa yang termasuk kategori tersebut adalah siswa yang datang kesekolah hanya datang saja, di absen saja, dikelas diam saja tidak ada niat untuk belajar, kegiatannya hanya ngobrol dengan teman-temannya saja sampai dia pulang dan tidak membawa apa-apa dari sekolah.

2. Orang yang Mempunyai Tujuan

Kategori yang kedua mungkin lebih baik daripada yang pertama, kenapa siswa disebut orang yang punya tujuan. siswa yang datang kesekolah ingin niat mendapatkan ilmu maka mereka disebut orang yang mempunyai tujuan walaupun menurut saya siswa yang kesekolah itu yang termasuk kategori ini tidak semuannya mempunyai tujuan untuk menuntut ilmu. Tujuannya mungkin bisa macam-macam..maff..hee... mungkin siswa datang kesekolah tujuannya ada yang biar dikasih uang jajan oleh orangtuanya karena kalau libur tidak ada uang jajan, atau datang kesekolah ingin ketemu sama seseorang pujaan hatinya...hee... dan masih banyak lagi macam-macam tujuannya...

3. Orang yang Cerdas

Siswa yang dikategorikan cerdas berarti, selain dia ingin menuntut ilmu disekolah setelah lulus sekolah dia sudah mempunyai rencana kedepan, setelah sekolah saya harus bekerja dimana dari ilmu yang saya dapatkan, setelah sekolah saya harus kuliah dimana dari ilmu yang saya dapatkan.  

Dan kenyataannya dizaman sekarang sangat susah sekali mendapatkan siswa yang termasuk kategori ketiga. kalau dizaman sekolah saya dulu di waktu istirahat masih banyak siswa-siswa yang membuka buka dan diskusi bareng-bareng untuk mempelajari pelajaran disekolah, masih banyak siswa pulang ke sekolah lalu kemudian dirumah belajar lagi dengan penuh semangat. Ketika saya dikelas bertanya kepada siswa acungkan tangan yang tadi malamnya membuka buku pelajaran, dan hampir semua siswa tidak ada yang mengacungkan tangannya...sangat miris sekali...

Belajarlah demi masa depanmu, belajar tidak sama seperti makan cabe yang sekali makan langsung terasa pedasnya tetapi belajar akan terasa manfaatnya di masa-masa yang akan datang...

HAYOOO BELAJAR...RAIH CITA-CITAMU.....



No comments:

Post a Comment